PENGERTIAN PENDIDIKAN NILAI
Pengertian
pendidikan nilai
Istilah pendidikan nilai termasuk barang asing ditelinga masyarakat
bahkan didunia pendidikan sekalipun. Hal ini dikarenakan 2 hal: pertama
belum merakyatnya sumbangan-sumbangan nilai/moral bagi masyarakat umum yang
berasal dari rahim pendidikan nilai. Kedua: belum banyaknya fakultas
yang mengembangkannya dan juga tingkat hunian akademik pada program pendidikan
nilai sangat miskin. Namun demikian, pendidikan nilai sebenarnya adalah hakikat
dan tujuan pendidikan itu sendiri.
Dalam ranah ilmu pengetahuan disebutkan bahwa pengetahuan haruslah
mengandung tiga dimensi filosofis yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi.
Ontologi berkaitan dengan hakikat pengetahuan sedang epistemolgi menyinggung
sumber pengetahuan dan aksiologi kebagian tugas menilai apa manfaat pengetahuan
itu bagi kehidupan. Yang terakhir inilah kajian pendidikan nilai. Meneliti,
menelaah dan menemukan kaidah kebermanfaatan ilmu pengetahuan bagi umat
manusia. Dalam kanal pendidikan, istilah pendidikan nilai mengacu pada
aksiologi pendidikan, sejauh mana pendidikan itu memunculkan dan menerapkan
nilai/moral kepada peserta didik (Kosasih Jahiri, modul perkuliahan pendidikan
Nilai UPI).
Secara lebih rinci pendidikan dan nilai bisa mempunyai makna
sendiri-sendiri, namun jika disatukan maka akan muncul beberapa definisi
tentang pendidikan nilai (Mulyana, 2004), ini berarti makna pendidikan nilai,
memicu banyak arti dan pengertian. Satraprateja memberikan definisi pendidikan
nilai adalah penanaman dan pengembangan nilai-nilai pada diri seseorang
(kaswardi, 1993), sedangkan Mardimadja (1986) mendifinisikan pendidikan nilai
sebagai bantuan terhadap peserta didik agar menyadari dan mengalami nilai-nilai
serta menempatkannya secara integral dalam keseluruhan hidupnya. Kedua pakar
ini sepakat bahwa konsep pendidikan nilai bukanlah kurikulum tersendiri yang
diajarkan lewat beberapa mata kuliah akan tetapi mencakup seluruh proses
pendidikan (Mulyana,2004). Pendidikan nilai adalah ruh pendidikan itu sendiri,
jadi dimanapun diajarkan pendidikan nilai akan muncul dengan sendirinya.
Pendidikan nilai adalah nilai pendidikan(Sukanta, 2007).
DAFTAR PUSTAKA
Elmubarok,
Zaim. 2007. Membumikan pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.
Komentar
Posting Komentar