Senin, 22 April 2013

PENGERTIAN PENDIDIKAN NILAI




 Pengertian pendidikan nilai
Istilah pendidikan nilai termasuk barang asing ditelinga masyarakat bahkan didunia pendidikan sekalipun. Hal ini dikarenakan 2 hal: pertama belum merakyatnya sumbangan-sumbangan nilai/moral bagi masyarakat umum yang berasal dari rahim pendidikan nilai. Kedua: belum banyaknya fakultas yang mengembangkannya dan juga tingkat hunian akademik pada program pendidikan nilai sangat miskin. Namun demikian, pendidikan nilai sebenarnya adalah hakikat dan tujuan pendidikan itu sendiri.
Dalam ranah ilmu pengetahuan disebutkan bahwa pengetahuan haruslah mengandung tiga dimensi filosofis yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Ontologi berkaitan dengan hakikat pengetahuan sedang epistemolgi menyinggung sumber pengetahuan dan aksiologi kebagian tugas menilai apa manfaat pengetahuan itu bagi kehidupan. Yang terakhir inilah kajian pendidikan nilai. Meneliti, menelaah dan menemukan kaidah kebermanfaatan ilmu pengetahuan bagi umat manusia. Dalam kanal pendidikan, istilah pendidikan nilai mengacu pada aksiologi pendidikan, sejauh mana pendidikan itu memunculkan dan menerapkan nilai/moral kepada peserta didik (Kosasih Jahiri, modul perkuliahan pendidikan Nilai UPI).
Secara lebih rinci pendidikan dan nilai bisa mempunyai makna sendiri-sendiri, namun jika disatukan maka akan muncul beberapa definisi tentang pendidikan nilai (Mulyana, 2004), ini berarti makna pendidikan nilai, memicu banyak arti dan pengertian. Satraprateja memberikan definisi pendidikan nilai adalah penanaman dan pengembangan nilai-nilai pada diri seseorang (kaswardi, 1993), sedangkan Mardimadja (1986) mendifinisikan pendidikan nilai sebagai bantuan terhadap peserta didik agar menyadari dan mengalami nilai-nilai serta menempatkannya secara integral dalam keseluruhan hidupnya. Kedua pakar ini sepakat bahwa konsep pendidikan nilai bukanlah kurikulum tersendiri yang diajarkan lewat beberapa mata kuliah akan tetapi mencakup seluruh proses pendidikan (Mulyana,2004). Pendidikan nilai adalah ruh pendidikan itu sendiri, jadi dimanapun diajarkan pendidikan nilai akan muncul dengan sendirinya. Pendidikan nilai adalah nilai pendidikan(Sukanta, 2007).


DAFTAR PUSTAKA
Elmubarok, Zaim. 2007. Membumikan pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar